Rabu, 06 Maret 2024

INDAHNYA RAMADHAN DAN BERHARI RAYA BERSAMA.

 

 



Sebentar lagi Ramadhan akan datang, banyak diantara saudara-saudara kita yang kebingungan, Ramadhan harus ikut ikut siapa, apa yang mendasari hal itu dikatakan benar.

Pertanyaan seperti ini sering muncul dan masih banyak masyarakat kita yang bingung padahal Allah dan Rasul-Nya telah menjelaskan dan memerintahkan kita bagaimana sikap kita jika berselisih.

Sudah menjadi kewajiban seorang muslim, apa bila terjadi sesuatu yang membingungkan atau diperselisihkan hendaknya dikembalikan kepada Al-Qur’an dan Sunnah, hal ini merupakan tanda bentuk ketundukan seseorang kepada Allah dan Rasul-Nya.

Hal itu tidak lain karena rahmat Allah kepada hamba-Nya, juga sebagai jaminan keselamatan seseorang di dunia dan akhirat.

Allah ta’ala berfirman:

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا.

“Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian.” (QS. An-Nisa[4]:59).

فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا.

“Maka demi Tuhanmu, mereka tidak beriman sebelum mereka menjadikan engkau (Muhammad) sebagai hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, (sehingga) kemudian tidak ada rasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang engkau berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.” (QS.An-Nisa[4]:65).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنِّي قَدْ تَرَكْتُ فِيكُمْ شَيْئَيْنِ لَنْ تَضِلُّوا بَعْدَهُمَا: كِتَابَ اللَّهِ وَسُنَّتِي، وَلَنْ يَتَفَرَّقَا حَتَّى يَرِدَا عَلَيَّ الْحَوْضَ.

“Aku telah tinggalkan pada kamu dua perkara, kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya sampai kalian bertemu denganku di telaga.” (HR. Al-Hakim di dalam mustadraknya 319, Disahihkan oleh Syaikh al-Albani di dalam Sahihul Jami’ 2937).

Dengan berdasarkan ayat dan hadits di atas, kita akan lebih mudah untuk mengikuti dan memahami dalil-dalil berikutnya, oleh karena itu semoga sedikit ulasan berikut ini dapat menghilangkan kebingungan yang ada pada masyarakat kita, dan sebagai usaha untuk dapat menyatukan kaum muslimin.

Diantara poin-poin tersebut yaitu:

1.   Al-Qur’an dan Sunnah telah diketahui bagaimana menetapkan permulaan puasa.

Inilah pedoman utama seorang muslim.

Allah ta’ala berfirman:

فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ..

“Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al-Baqarah[2]:185).

Syahida memiliki beberapa arti diantaranya, menyaksikan, hadir, mukim (tinggal). Ayat diatas memiliki arti menyaksikan (melihat) sebagaimana yang disebutkan Ibnu Katsir.

Ibnu Katsir rahimahullah berkata, ”Ini merupakan suatu keharusan bagi orang yang menyaksikan hilal masuk bulan Ramadan, yakni dia dalam keadaan mukim di negerinya ketika bulan Ramadan datang, sedangkan tubuhnya dalam keadaan sehat, maka dia harus mengerjakan puasa.” (Tafsir Ibnu Katsir QS. [2]:185).

Di dalam tafsir ini kita mengetahui bagaimana mereka tidak pernah meninggalkan ru’yatul hilal (melihat bulan).

Hal ini dikuatkan lagi dengan Hadits-hadits Rasulullah yang lain, diantaranya:

Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ، فَإِنْ غُبِّيَ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلاَثِينَ.

“Berpuasalah kalian karena melihatnya, berbukalah kalian karena melihatnya dan sembelihlah kurban karena melihatnya pula, apabila tidak nampak oleh kalian, sempurnakanlah menjadi tiga puluh hari.” (HR. Bukhari 1909, Muslim 1081).

Rasulullah telah menjelaskan kepada kita bahwa untuk mengetahui masuknya Ramadhan dengan dua cara yaitu:

Pertama melihat hilal.

Kedua bila hal itu terhalangi yaitu dengan cara menggenapkan bulan sya’ban menjadi tiga puluh hari.

Dengan demikian puasa akan bersama, sebagaimana disabdakan Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam :

الصَّوْمُ يَوْمَ تَصُومُونَ وَالْفِطْرُ يَوْمَ تُفْطِرُونَ وَالأَضْحَى يَوْمَ تُضَحُّونَ.

“Puasa itu tatkala mayoritas kalian berpuasa, idul fithri ditetapkan tatkala mayoritas kalian beridul fithri, dan idul adhalah tatkala ditetapkan mayoritas kalian beridul adha.” (HR. Tirmidzi 697 dishahihkan Syaikh al-Albani di dalam Ash-Shahihah 224)

Dala sebuah Atsar disebutkan Ibnu Umar berkata:

تَرَاءَى النَّاسُ الْهِلَالَ، فَرَأَيْتُهُ، فَأَخْبَرْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَصَامَ، وَأَمَرَ النَّاسَ بِصِيَامِهِ.

"orang-orang mengamati hilal, ternyata aku melihatnya, Maka aku sampaikan hal itu kepada Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam, mendengar berita tersebut, beliau mulai berpuasa (keeseokan harinya) dan memerintahkan semua orang untuk mengikutinya berpuasa." ( HR. Ibnu Hibban 3447,  Abu Dawud 2342, dishahihkan Syaikh al-Albani di dalam Al-Irwa’ 908).

Dalil-dalil di atas mencocoki dengan firman Allah ta’ala:

 يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْأَهِلَّةِ قُلْ هِيَ مَوَاقِيتُ لِلنَّاسِ وَالْحَجِّ.

Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit. Katakanlah: "Bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi ibadat) haji

Demikianlah Al-Qur’an dan Sunnah telah menjelaskan secara gamblang.

2.   Firman Allah ta’ala tidak akan saling bertentangan, begitu pula dengan hadits.

Orang-orang yang mengedepankan hisab mereka berdalil dengan firman Allah ta’ala:

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاۤءً وَّالْقَمَرَ نُوْرًا وَّقَدَّرَهٗ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوْا عَدَدَ السِّنِيْنَ وَالْحِسَابَۗ مَا خَلَقَ اللّٰهُ ذٰلِكَ اِلَّا بِالْحَقِّۗ يُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ

 

"Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya, agar kamu mengetahui bilangan tahun, dan perhitungan (waktu)." QS Yunus[10]:5).

Orang-orang yang melakukan hisab kemudian menyandarkan  permulaan puasa dan mengakhirinya dengan bersandar pada ayat di atas telah melakukan kesalahan yang fatal.

1)   Karena hal ini akan bertabrakan dengan firman Allah ta'ala pada (QS Al-Baqarah [2]:185) di atas. Dan mustahil ayat dengan ayat bertabrakan.

 

2)   Akan bertabrakan dengan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, itu juga mustahil sebagaimana kaedah dalam memahami Al-Qur’an, selamanya Al-Qur’an tidak akan bertentangan dengan hadits, karena Rasulullah adalah utusan Allah, tidak mungkin akan menyelisihi yang mengutus.

 

3)   Oleh karena itu tak seorangpun dari para ulama ahli tafsir menafsirkan seperti itu, begitu pula takkan kita jumpai di dalam kitab-kitab fikih yang muktabar.

 

3.   Orang yang mengagungkan hisab lupa jika Allah disifati dengan Al-Aliim( Maha mengetahui).

Orang-orang yang mendahulukan hisab lupa jika Allah maha mengetahui apa yang sedang terjadi, apa yang akan terjadi dan apa yang belum terjadi seandainya hal itu terjadi, semua ini telah diketahui oleh Allah ta’ala.

Allah ta’ala berfirman:

أَلَمْ أَقُلْ لَكُمْ إِنِّي أَعْلَمُ غَيْبَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَأَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا كُنْتُمْ تَكْتُمُونَ.

“Bukankah telah Aku katakan kepadamu, bahwa Aku mengetahui rahasia langit dan bumi, dan Aku mengetahui apa yang kamu nyatakan dan apa yang kamu sembunyikan?” (QS. Al-Baqarah[2]:33).

لِتَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا.

“Agar kalian mengetahui sesungguhnya Allah maha kuasa terhadap segala sesuatu, dan bahwasanya ilmu Allah meliputi segala sesuatu.” (QS. At-Thalaq [65]: 12)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallm bersabda:

كَتَبَ اللَّهُ مَقَادِيرَ الْخَلاَئِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ بِخَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ.

“Allah telah menetapkan takdir untuk setiap makhluk sejak lima puluh ribu tahun sebelum penciptaan langit dan bumi.” (HR. Muslim2653).

Ketika Allah berfirman hal itu sebagai padoman selamanya bagi hamba, demikian pula Rasul-Nya semua itu Allah ketahui dan dibenarkan tidak berubah ketetapannya.

Allah ta’ala berfirman:

وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ صِدْقًا وَعَدْلًا لَا مُبَدِّلَ لِكَلِمَاتِهِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ.

“Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu sebagai kalimat yang benar dan adil.” (Al-An'am [6]: 115).

Firman Allah: “wa tammat kalimatu rabbika shidqaw wa ‘adlan.” (“Telah sempurna kalimat dari Rabbmu, sebagai kalimat yang benar dan adil.”) Qatadah berkata: “Yaitu benar dalam firman-Nya, dan adil dalam putusan Nya.”

Laa mubaddila likalimaatihi (“Tidak ada yang dapat merubah-rubah kalimat-kalimat-Nya.”) “Maksudnya, tidak ada seorang pun yang dapat menolak putusan Allah Ta’ala, di dunia maupun di akhirat.” (Tafsir Ibnu Katsir (QS. Al-An’am [6]: 115).

 

Ayat ini menjelaskan hukum yang telah ditetapkan Allah itu terus berlaku, tidak berubah dengan kemajuan jaman.

Apakah kita menolak kemajuan jaman..?

Tidak, islam tidak menolak kemajuan jaman, kemajuan jaman untuk mengiringi mengiringi syari’at ini bukan dijadikan ukuran syari’at.

 

4.   Para ulama dari kalangan sahabat hingga sekarang telah menjelaskan tentang bagaimana memulai permulaan Ramdhan.

Seandainya kita buka kitab-kitab  para ulama, baik kitab fikih, aqidah maupun tafsir, para ulama telah menjelaskan bagaimana seharusnya kita di dalam menetapkan masuknya bulan Ramadan.

Seperti di dalam kitab Bulugul Maram, yang tulis oleh al-Hafidh Ibnu Hajar al-‘Asqalani dan syarahnya Subulus Salam oleh Imam Ash-Shan’ani. Mulakhas Fikhiyah oleh Syaikh DR. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan, Fikih Sunnah oleh Abu Malik Kamal Ibnu As-Syayid Salim, bahkan beliau berkata, “Mengetahui bulan(masuknya Ramadhan) dengan ru’yah (melihat) bukan dengan hisab.”

Begitu pula kitab Al-Wajiz yang di tulis oleh Syaikh ‘Abdul Azhim bin Badawi Al Khalafi, beliau juga berkata, “Wajibnya puasa Ramadhan dengan melihat hilal.”

Para ulama telah menjelaskan hal ini.

 

5.   Wajib mentaati pemerintah jika dalam perkara yang tidak maksiat.

Perintah Allah agar kita mentaati pemerintah disebutkan di dalam Al-Qur’an dan Sunnah.

Allah ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ.

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. (QS. An-Nisaa [4]: 59)

Ibnu Katsir rahmahullah berkata:

فَهَذِهِ أَوَامِرٌ بِطَاعَةِ الْعُلَمَاءِ وَالْأُمَرَاءِ.

“Ayat ini memerintahkan agar mentaati ulama’ dan umara’ (pemimpin atau pemerintah) (lihat tafsir Ibnu Katsir QS. Al Baqarah[2]: 59)

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Yang dimaksud dengan ulil amri adalah orang-orang yang Allah wajibkan untuk ditaati, dari kalangan para penguasa dan pemimpin umat. Inilah pendapat mayoritas ulama terdahulu dan sekarang dari kalangan ahli tafsir, fikih, dan yang lainnya.” (Syarh Shahih Muslim, 12/222)

Oleh karena itu ulama juga telah memasukkan di dalam kitab-kitab aqidah mereka, agar kita mengikuti pemerintah kita dalam hal ini.

Seperti di dalam kitab, “ Mujmal Usul Ahli Sunnah Wal Jama’ah fil Aqidah,” oleh Syaikh DR. Nashir ibnu ‘Abdul Karim Al-Aql.

Beliau rahimahullah berkata:

الصلاة والحج والجهاد واجبة مع أئمة المسلمين وإن جاروا.

“Shalat (jama’ah, Jum’at, Id), haji, dan Jihad wajib bersama dengan pemimpin kaum muslimin meskipun mereka sewenang-wenang (dzalim).”

 Imam Ibnu Rajab Al-Hanbali rahmahullah  berkata:

وَقَالَ الْحَسَنُ فِي الْأُمَرَاءِ هُمْ يَلُونَ مِنْ أُمُورِنَا خَمْسًا: الجُمُعَةَ وَالْجَمَاعَةَ وَالْعِيدَ وَالنُّغُورَ وَالْحُدُودَ، وَاللَّهِ مَا يَسْتَقِيمُ الدِّينُ إِلَّا كِيمْ، وَإِنْ جَارُوا وَظَلَمُوا.

Al-Hasan Al-Bashri berkata tentang umara' (para pemimpin kaum muslimin): Mereka mengurusi lima urusan kita: shalat jum'at, shalat jama'ah, shalat 'ied, menjaga perbatasan, dan melaksanakan hudud. Demi Allah, agama tidak akan tegak kecuali dengan mereka, walaupun mereka menyimpang dan zhalim." (Jami'ul Ulum wal Hikam, 2/117).

6.   Hendaknya kaum muslimin berusaha untuk bersama dan bersatu.

Hedaknya kaum muslimin memiliki usaha untuk menyatukan barisan bukan justru mencari panggung dan membuat barisan sendiri-sendiri.

Organisasi dinegara kita banyak adapun pemerintah itu satu, apabila setiap organisasi menentukan hari raya sendiri-sendiri tentu akan semakin banyak perselisihan.

Sebaliknya bila semua organisasi mengikuti pemerintah yang satu tentu akan bersatu, karena islam memiliki prinsip Jalbu al-mashalih wa daf’u al-mafasid (mengambil manfaaat dan menolak mafsadat) terlebih semua ini sesuai dengan Sunnah yang dapat memadamkan perselisihan, hal ini sesuai dengan firman Allah ta’ala:

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيعًا وَلاَ تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَآءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا.

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang  yang bersaudara.” (QS. Al-Imran [3]: 103)

Namun sangat disayangkan orang-orang yang mengedepankan hisab seakan-akan hal itu adalah nas (dalil) yang wajib diikuti, mereka meninggalkan syariat yang telah diamalkan dari dulu sampai sekarang oleh para ulama, mereka tidak menyadari apa yang mereka lakukan itu banyak membingungkan umat, menjadikan bercerai-berai mengantikan kebahagiaan menjadi kesedihan, menghilangkan persatuan menjadi bermusuhan, bahkan kita dapatkan sesama keluarga berbeda dalam berhari raya.

Dan sering sesama ahli hisabpun mereka berselisih.

 

7.   Ancaman keras bagi orang yang meninggalkan Sunnah.

Allah ta’ala berfirman:

فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَنْ تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ.

“Hendaknya takutlah orang-orang yang menyalahi perintah Rasul-Nya bahwa mereka akan ditimpa fitnah atau azab yang pedih.” (QS. An-Nur [24]: 63)

Dari sahabat Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata:

يُوْشِكُ أَنْ تَنْزِلَ عَلَيكْم ْحِجَارَةٌ مِنَ السَّمَاءِ, أَقُوْلُ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ وَتَقُوْلُوْنَ: قَالَ أَبُوْ بَكْرٍ وَعُمَرُ؟

“Hampir saja kalian akan dihujani batu dari langit. Aku katakan: Rasulullah bersabda demikian lantas kalian membantah dengan mengatakan: Tapi Abu Bakar dan Umar berkata demikian.”  (HR. Ahmad 1/337 dan Al-Khatib dalam Al-Faqih wal Mutafaqqih 1/145 Ibnu Abdil Bar di dalam, Jami’u Bayanil ‘ilmi wa fadzlihi 2/239).

Bagi saudara-saudaraku yang masih taklid dan mendahulukan terhadap pemimpin, yayasan, organisasi, dan meninggalkan Kitab Allah dan Sunnah Rasulul-Nya hendak menyadari yang dilakukan itu dapat menjadikan dosa jariah, Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَمَنْ سَنَّ فِيْ الإِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِّئَةً كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ بَعْدِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَىْءٌ.

“Dan barang siapa melakukan sunnah yang buruk dalam islam maka baginya dosa dari perbuatannya tersebut, dan dosa dari orang yang melakukannya (mengikutinya) setelahnya tanpa berkurang dari dosa-dosa mereka sedikitpun.” (HR. Muslim 1016).

Wajib bagi kita mensikapi permasalahan ini  dengan ilmu bukan hawa nafsu.

8.   Hendaknya ikhlas di dalam menjalankan agama.

Allah ta’ala berfirman:

 وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ.

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus.” (QS. Al-Bayyinah[98]:5).

فَاعْبُدِ اللَّهَ مُخْلِصًا لَهُ الدِّينَ.

“Maka sembahlah Allah dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya.” (QS. Az-Zumar [39]:2).

Allah dan Rasulnya telah memberitakan dan memerintahkan agar mengikuti petunjuk Allah dan Rasul-Nya.

Allah ta’ala berfirman:

قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُمْ بِالْأَخْسَرِينَ أَعْمَالًا الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعًا.

“Katakanlah: “Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?” Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya” (QS. Al Kahfi [18]: 103-104).

Ali bin Abi Thalib berkata: “Sesungguhnya makna ayat ini bersifat umum mencakup semua orang yang menyembah Allah bukan melalui jalan yang diridhai. Orang yang bersangkutan menduga bahwa jalan yang ditempuhnya itu benar dan amalnya diterima, padahal kenyataannya dia keliru dan amalnya ditolak.” (Tafsir Ibnu Katsir QS. AL-Kahfi [18]:104).

Oleh karena itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ .

Barangsiapa yang melakukan suatu amalan yang tidak ada perintahnya dari kami, maka tertolak.” (HR. Muslim 1718).

 

9.   Menjahui taklid dan fanatic buta.

Belajar islam kepada salah satu madzhab itu dibolehkan  para ulama, atau seseorang ingin mendirikan organisasi pada asalnya mubah (boleh) akan tetapi apa bila al-wala’ wal bara’ (mencintai dan membenci) hanya didasari karena madzhab atau organisasinya bukan karena Allah, bahkan berani menolak ayat dan hadits nabi karena dipandang tak sejalan dengan madzhab ataupun organisasinya inilah yang dilarang keras dalam agama, karena hal ini dapat menyesatkan seseorang.

Seharusnya seorang mukmin tidak fanatik buta, karena ini dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya, seorang muslim hendaknya mengikuti kemanapun dan dimanapun kebenaran itu berputar dan berada.

Allah ta’ala berfirman:

إِنَّمَا كَانَ قَوْلَ الْمُؤْمِنِينَ إِذَا دُعُوا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ أَنْ يَقُولُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ.

"Sesungguhnya jawaban orang-orang mu’min, bila mereka dipanggil kepada Allah dan rasul-Nya agar rasul menghukum (mengadili) di antara mereka ialah ucapan, ‘Kami mendengar dan kami patuh.’ Mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS An-Nur [24]: 51).

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ.

Katakanlah, "Jika kalian (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosa kalian," Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Imran [3]: 31)

Ulama juga mewasiatkan hal itu, mereka memerintahkan agar kita mengikuti Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam.

Imam Syafi’i rahimahullah berkata:

 أَجْمَعَ الْمُسْلِمُونَ عَلىَ أَنَّ مَنِ اسْتَبَانَ لَهُ سُنَّةٌ عَنْ رَسُولِ اللهِ لَمْ يَحِلَّ لَهُ أَنْ يَدَعَهَا لِقَوْلِ أَحَدٍ.

“Kaum muslimin sepakat bahwa siapa saja yang telah jelas baginya sebuah sunnah (ajaran) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka tak halal baginya untuk meninggalkan sunnah itu karena mengikuti pendapat siapa pun.” (I'lamul muwaqi'in 2:282).

مَنْ رَدَّ حَدِيثَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَهُوَ عَلَى شَفَا هَلَكَةٍ.

“Barang siapa menolak hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam maka dia berada di tepi kebinasaan.” (“Sifat shalat Nabi” Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani).

10.                     Penyesalan orang yang mengikuti pemimpin yang tidak benar.

Orang-orang yang mengikuti pemimpin mereka padahal telah jelas kesalahannya, kelak mereka akan menyesal.

Allah ta’ala berfirman:

وَإِذْ يَتَحَاجُّونَ فِي النَّارِ فَيَقُولُ الضُّعَفَاءُ لِلَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا إِنَّا كُنَّا لَكُمْ تَبَعًا فَهَلْ أَنْتُمْ مُغْنُونَ عَنَّا نَصِيبًا مِنَ النَّارِ . قَالَ الَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا إِنَّا كُلٌّ فِيهَا إِنَّ اللَّهَ قَدْ حَكَمَ بَيْنَ الْعِبَادِ

“Dan (ingatlah), ketika mereka berbantah-bantah dalam neraka, maka orang-orang yang lemah berkata kepada orang-orang yang menyombongkan diri: “Sesungguhnya kami adalah pengikut-pengikutmu, maka dapatkah kamu menghindarkan dari kami sebahagian azab api neraka?” Orang-orang yang menyombongkan diri menjawab: “Sesungguhnya kita semua sama-sama dalam neraka, karena sesungguhnya Allah telah menetapkan keputusan antara hamba-hamba-(Nya)”. (Ghafir[40]:47-48).

قَالُوا رَبَّنَا مَنْ قَدَّمَ لَنَا هَٰذَا فَزِدْهُ عَذَابًا ضِعْفًا فِي النَّارِ

Mereka (para pengikut) berkata (lagi): “Ya Rabb kami orang yang telah menjerumuskan kami ke dalam adzab ini, maka tambahkanlah adzab kepadanya dengan berlipat ganda di dalam neraka”. (QS. Shaad[38]: 61).

Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

كُلُّ أُمَّتِي يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَنْ أَبَى. قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ، وَمَنْ يَأْبَى؟ قَالَ: مَنْ أَطَاعَنِي دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ أَبَى.

“Setiap umatku akan masuk ke dalam surga kecuali yang enggan. Mereka para sahabat bertanya, “Siapa yang enggan?” Beliau berkata, “Barangsiapa mentaatiku dia masuk ke dalam surga, dan barangsiapa bermaksiat padaku maka dia telah enggan.” (HR. Bukhari 7280, Ahmad 8714).

Demikianlah semoga Allah mengumpulkan kita dalam kebaikan aamiin.

 

 

-----000-----

Sragen 07-03-2024

Junaedi Abdullah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MUHASABATUN NAFS.

KOREKSI DIRI DAN ISTIQAMAH SETELAH RAMADHAN. Apakah kita yakin bahwa amal kita pasti diterima..?, kita hanya bisa berharap semoga Allah mene...