Selasa, 28 Mei 2024

ADAB-ADAB MENYEMBELIH.

 

 

Dewasa ini berbagai tayangan penyembelihan qurban ditampilkan melalui media masa bertebaran di mana-mana, sehingga banyak kaum muslimin yang meniru, hal itu dilakukan karena dipandang lebih cepat, efisien dan praktis, sayang kebanyakan kaum muslimin tidak mau menengok bagaimana adab-adab yang diajarkan di dalam agama kita.

Dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الْإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ، فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ، وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذَّبْحَ، وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ، فَلْيُرِحْ ذَبِيحَتَهُ.

"Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat yang terbaik dalam segala sesuatu, maka apabila kamu membunuh, bunuhlah dengan cara yang terbaik, apabila kamu menyembelih, sembelihlah dengan cara yang terbaik, hendaklah setiap kalian menajamkan pisaunya dan membuat nyaman hewan sembelihannya." (HR. Muslim 1955 Abu Dawud 2815 Tirmidzi 1409).

Dari hadits diatas ada perintah agar kita memperlakukan sembelihan dengan cara yang baik.

Diantara adab-adab menyembelih yaitu:

1.   Dianjurkan berbuat baik kepada hewan qurban.

Tidak boleh menyakiti hewan qurban.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذَّبْحَ، وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ، فَلْيُرِحْ ذَبِيحَتَهُ.

“Apabila kamu menyembelih, sembelihlah dengan cara yang terbaik, hendaklah setiap kalian menajamkan pisaunya dan membuat nyaman hewan sembelihannya." (HR. Muslim 1955 Abu Dawud 2815 Tirmidzi 1409).

 

2.   Menajamkan pisau sembelihan.

Hendaknya pisau ditajamkan terlebih dahulu dan tidak menajamkan di depan hewan qurbannya.

Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma berkata:

مَرَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى رَجُلٍ وَاضِعٍ رِجْلَهُ عَلَى صَفْحَةِ شَاةٍ، وَهُوَ يَحُدُّ شَفْرَتَهُ، وَهِيَ تَلْحَظُ إِلَيْهِ بِبَصرِها، قَالَ:أَفَلا قَبْلَ هَذَا، أَوَ تُرِيدُ أَنْ تُمِيتَهَا مَوْتَتَينِ

“Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam melewati seseorang yang meletakkan kakinya di atas badan samping seekor kambing sambil menajamkan pisaunya, sedang kambing itu melihat ke arah pisau, maka beliau bersabda: Mengapakah engkau tidak menajamkan pisau sebelum melakukan ini, apakah engkau ingin mematikannya dua kali?” (HR. TIrmidzi al-Baihaqi 19141, at-Thabrani Mu’jamul Kabir11916, di sahihkan Syaikh al-Albani di dalam shahih at-Targib wa Tarhib 19090).

وَلْيُرِحْ ذَبِيحَتَهُ, بِإِحْدَادِ السِّكِّينِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Hendaknya membuat hewan sembelihannya nyaman,” “yaitu dengan menajamkan pisaunya.” ( Syarah Muslim, Imam Nawawi juz 13 hal 107).

 

3.   Memisahkan antara tempat penyembelihan dan tempat menempatkan binatang qurban.

Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berkata:

وأن لا يَذْبَحَ وَاحِدَةً بِحَضْرَةِ أُخْرَى وَلَا يَجُرَّهَا إِلَى مَذْبَحِهَا, وَقَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ, عَامٌّ فِي كُلِّ قَتِيلٍ مِنَ الذَّبَائِحِ.

“Tidak boleh pula menyembelih seekor hewan di depan yang lainnya, dan tidak boleh menyeretnya ke tempat pemyembelihannya di depan yang lainnya..” (Syarhu Muslim hadits 1956, juz 13 hal 107).

 

4.   Merebahkan dengan menghadapkan kearah barat.

Karena demikian lebih lembut pada hewan tersebut, hal ini merupakan kesepakatan kaum muslimin. Disunnahkan membaringkan hewan dengan posisi tubuh bagian kirinya di bawah, karena demikian itu akan lebih mudah bagi penyembelih di dalam memegang pisau dengan tangan kanan, dan memegang kepalanya dengan tangan kiri. (fikih Sunnah, Syaikh Abu Malik Kamal, bin as-Sayyid Salim).

Dari bnu Sirin beliau berkata:

كَانَ يُسْتَحَبُّ أَنْ تُوَجَّهَ الذَّبِيحَةُ إِلَى الْقِبْلَةِ.

“Dahulu disukai mengarahkan sembelihan kearah kiblat.” (HR. Abdurrazaq, di dalam Mushanaf Abdurrazzaq As-Shan’ani 8587).

Ditanyakan tentang sikap Imam Malik tentang menghadapkan kiblat ketika menyembelih.

قُلْتُ: أَرَأَيْت مَالِكًا هَلْ كَانَ يَأْمُرُ أَنْ تُوَجَّهَ الذَّبِيحَةُ إلَى الْقِبْلَةِ؟ قَالَ: قَالَ مَالِكٌ: نَعَمْ تُوَجَّهُ الذَّبِيحَةُ إلَى الْقِبْلَةِ، قَالَ مَالِكٌ: وَبَلَغَنِي أَنَّ الْجَزَّارِينَ يَجْتَمِعُونَ عَلَى الْحُفْرَةِ يَدُورُونَ بِهَا فَيَذْبَحُونَ الْغَنَمَ حَوْلَهَا، قَالَ: فَبَعَثْتُ فِي ذَلِكَ لِيُنْهَى عَنْ ذَلِكَ، وَأَمَرْتُ أَنْ يَأْمُرُوهُمْ أَنْ يُوَجِّهُوا بِهَا إلَى الْقِبْلَةِ.

“Bagaimana pendapat imam Malik, apakah memerintahkan untuk menghadapkan sembelihan kearah kiblat, imam Malik berkata, “ “Telah sampai kepadaku bahwasanya para penyembelih mengumpulkan (sembelihannya) pada sebuah lobang, mereka mengelilinginya kemudian menyembelih kambing-kambing itu disekitarnya. Dia berkata, Kemudian memerintahkanku untuk melarang hal itu, dan memerintahkan aku agar menyuruh mereka menghadapkan sembelihannya ke arah kiblat.”  (Al-Mudawwanah juz 1, hal hal 543, Imam Malik bin Annas).

ليست شرطاً في الذبح ولكنه الأفضل، فعن ابن عمر أنه كان يكره أن يأكل ذبيحة ذبحت لغير القبلة. عبد الرزاق(8585)، بإسناد صحيح ، والألباني رحمه الله مناسك الحج والعمرة ص33

Syaikh al-Albani berkata,  “Bukanlah sebagai syarat di dalam penyembelihan akan tetapi hal itu lebih utama.” Bahwa Ibnu Umar tidak suka memakan sembelihan yang ketika disembelih tidak diarahkan kearah kiblat.”(HR. Abdurrazaq 8585, Al-Baihaqi 9/280 di shahihkan Syaikh al-Albani, manasik haji dan umrah hal 8).

 

5.   Meletakkan kaki di atas sisi hewan sembelihan.

Anas bin Malik Radhiyallahu anhu berkata:

ضَحَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ فَرَأَيْتُهُ وَاضِعًا قَدَمَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا يُسَمِّي وَيُكَبِّرُ فَذَبَحَهُمَا بِيَدِهِ.

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyembelih hewan kurban dengan dua domba jantan yang berwarna putih campur hitam dan bertanduk. Beliau menyembelihnya dengan tangan beliau, dengan mengucap basmalah dan bertakbir, dan beliau meletakkan satu kaki beliau di sisi-sisi kedua domba tersebut”  (HR.Bukhari 5558, Muslim 1966).

Ibnu Hajar berkata:

وَالْمُرَادُ الْجَانِبُ الْوَاحِدُ مِنْ وَجْهِ الْأُضْحِيَّةِ وَإِنَّمَا ثنى إِشَارَة إِلَى أَنه فعل ذَلِك فِي كُلٍّ مِنْهُمَا.

“Yang dimaksud sisi yang satu dari arah sembelihan, adapun disebutkan mutsanna sebagai isyarat bahwa beliau melakukan hal itu pada keduanya.” (Fathul Bari Syarah shahih Bukhari juz 10 hal 18).

 

6.   Tempat bagian yang Disembelih.

Hendaknya diputus saluran pernafasan (al-hulqum), saluran makanan dan minuman (al-mari) dan dua urat yang berada pada dua sisi leher yang mengelilingi tenggorokan (al-wadajain).

Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu berkata :

الذَّكَاةُ فِي حَلْقِ اللُّبَّةِ

Penyembelihan dilakukan di sekitar kerongkongan dan labah.” (HR.Abdrrazaq 8615 dishahihkan Syaikh al-Albani di dalam Irwa’ 2542).

 

7.   Menyebut basmalah dan bertakbir.

Berdasarkan firman Allah Ta’ala :

وَلَا تَأْكُلُوا مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ لَفِسْقٌ ۗ وَإِنَّ الشَّيَاطِينَ لَيُوحُونَ إِلَىٰ أَوْلِيَائِهِمْ لِيُجَادِلُوكُمْ.

“Dan janganlah kalian memakan hewan-hewan yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya, sesungguhnya perbuatan semacam itu adalah suatu kefasikan. Sesungguhnya syaithan itu mewahyukan kepada wali-walinya (kawan-kawannya) untuk membantah kalian.” ( QS. Al-An’am[6]:121)

عَنْ أَنَسِ بنِ مَالِكٍ  رضي الله عنه أَنَّ اَلنَّبِيَّ  صلى الله عليه وسلم  كَانَ يُضَحِّي بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ, أَقْرَنَيْنِ, وَيُسَمِّي, وَيُكَبِّرُ

Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu berkata : “Rasulullah menyembelih hewan qurban dengan dua domba jantan. Beliau mengucap bismillah dan bertakbir.” (HR. Bukhari 5564, Ahmad 13714).

وَفِي لَفْظٍ لِمُسْلِمٍ, وَيَقُولُ: بِسْمِ اَللَّهِ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

Dan dalam riwayat Muslim Beliau mengatakan, “Bismillah wallahu Akbar.”

 

8.   Batas akhir waktu penyembelihan.

Para ulama berbeda pendapat, ada yang menyebutkan tanggal sebelas, dua belas, tiga belas ada juga yang menyebutkan sebelas, dua belas.

Untuk kehati-hatian seorang melaksanakan penyembelihan qurban pada hari Idul Adha sepuluh Dzulhijah sebagaimana yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan dan hal ini lebih selamat dari perselisihan para ulama yang ada. Jika sulit melakukan pada waktu tersebut, maka boleh melakukannya pada sebelas dan dua belasnya, sebagaimana pendapat jumhur ulama.

Demikianlah semoga bermanfaat.

 

 

-----000-----

 

Sragen 28-05-2024

Junaedi Abdullah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORANG-ORANG DZALIM ADALAH ORANG YANG BANGKRUT PADA HARI KIAMAT

  Manusia adalah makhluk sosial, mereka akan merespon setiap segala sesuatu sesuai dengan akal dan nalurinya. Ketika manusia tidak mempe...